Ekonomi Keuangan

Kamis, 6 Desember 2018 - 16:29 WIB

2 tahun yang lalu

logo

LPS Jamin Keamanan Dana Nasabah Bank

PONTIANAK – Dalam rangka meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga perbankan, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menggelar serangkaian sosialiasi di Kalimantan Barat. Beberapa kegiatan di antaranya kuliah umum, talk show radio dan media gathering yang bertujuan mengedukasi masyarakat tentang program penjaminan simpanan di bank digelar LPS selama 5-6 Desember 2018.

“Masyarakat akan merasa aman, tenang dan pasti terhadap perbankan kalau mereka tahu bahwa ada program penjaminan simpanan dan memahami aturannya. Sehingga, masyarakat tetap percaya dan terus menyimpan uangnya di lembaga perbankan,” ujar Direktur Grup Peraturan LPS Beko Setiawan di Hotel Mercure Pontianak, Kamis (6/12/2018).

Serangkaian sosialiasi yang digelar LPS disebut Beko sebagai sarana membangun silaturahmi. Selain itu, lanjut Beko, beberapa kegiatan yang digelar juga bertujuan memasyarakatkan LPS sebagai salah satu lembaga regulator keuangan di Indonesia.

“Selain sebagai sarana membangun silaturahmi, melalui kegiatan ini LPS juga menyampaikan pesan kepada masyarakat dan mengingatkan kembali peran dan fungsi LPS sebagai salah satu lembaga regulator keuangan di Indonesia bersama Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan dan Kementerian Keuangan,” ungkapnya.

Seluruh bank yang beroperasi di Indonesia dikatakan Beko wajib menjadi peserta penjaminan LPS. Hingga Oktober 2018, sambung Beko, jumlah bank umum yang terdiri atas bank BUMN, bank swasta, bank asing/campuran dan bank daerah yang menjadi peserta penjaminan LPS berjumlah 115 bank dengan total 268.699.387 rekening.

Sementara bank perkreditan rakyat dan bank perkreditan rakyat syariah (BPR/BPRS) yang terdaftar sebagai anggota penjaminan simpanan LPS berjumlah 1.774 bank.

Sejak beroperasi pada 22 September 2005, LPS disebut Beko telah menangani 92 bank. Dari angka tersebut hanya 1 bank yang berhasil diselamatkan sementara 91 bank lainnya dilikuidasi.

Di tempat yang sama Beko turut mengimbau masyarakat yang merupakan nasabah bank untuk memerhatikan ketentuan penjaminan simpanan. Sebab, batas penjaminan simpanan dikatakan Beko tidak boleh melebihi Rp2 milyar.

Beko juga mengingatkan nasabah untuk memperhatikan kriteria simpanan yang layak bayar ketika terjadi klaim penjaminan. Ketiga kriteria tersebut ialah tercatat dalam pembukaan bank, tingkat bunga simpanan tidak melebihi tingkat bunga penjaminan dan tidak melakukan tindakan yang merugikan bank. (Kr6)

Artikel ini telah dibaca 501 kali

Baca Lainnya