News Hukum Kriminal

Rabu, 19 Desember 2018 - 20:20 WIB

2 tahun yang lalu

logo

Ribuan Handpone Ilegal Senilai 7,3 Milliar dari Malaysia Digagalkan

BENGKAYANG – Polres Bengkayang berhasil gagalkan ribuan handphone ilegal merk XIOMI dari Malaysia.Di duga, ribuan barang ilegal tersebut akan di bawa menuju Pontianak dan Kabupaten Ketapang, dengan menggunakan dua unit kendaraan roda empat.

Adapun pemilik barang ilegal itu yakni seorang lelaki berinisial S. Pria berumur 33 tahun ini merupaka warga Kota Pontianak, dan seorang lelaki berinisial F. Laki-laki 42 tahun ini juga warga Kota Pontianak.

Kapolres Bengkayang AKBP Yos Guntur Yudi Fauris Susanto SH SIK MH, menerangakan kronologis penggalan penyeludupan barang ilegal oleh kedua pelaku.

” Reserse Kriminal Polres Bengkayang yang sedang melakukan patroli, namun curiga dengan kendaraan yang tengah melintas dari arah Jagoi Babang menuju Pontianak, dan melakukan pemeriksaan di  Jalan Perwira, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat,”Ungkap Kapolres Bengkayang. Selasa (18/12/2018)

Guna kepentingan penyelidikan, sejumlah saksi periksa, dan  sebanyak 41 karung/kodi dengan jumlah 4920 unit Handphone merk XIOMI atau senilai Rp7,3 miliar, di amankan di Mapolres Bengkayang sebagai alat bukti, guna proses hukum lebih lanjut.

“Barang bukti yang diamankan satu unit mobil boks merek Daihatsu Grand Max dengan Nomor Polisi KB 8264 AT, satu mobil Avansa warna Putih dengan Nomor Polisi KB 1023 WF, dan 41 karung/koli HP Merk XIOMI yang berasal dari Malaysia,” Tambahnya.

Pria yang memiliki dua melati di pundaknya itu menjelaskan, penangkapan barang legal Malaysia itu merujuk pada dasar Laporan Polisi, tentang dugaan Tindak Pidana Perlindungan Konsumen sebagai mana dimaksud dalam Pasal 62 Ayat (1) Jo Pasal 8 Ayat (1) huruf a Jo UU RI No. 08 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen Atau Pasal 113 UU RI No.7 Tahun 2014 Tentang Perdagangan.(K5)

Artikel ini telah dibaca 1051 kali

Baca Lainnya