Kesehatan Lifestyle Tips Uncategorized

Sabtu, 12 Januari 2019 - 14:39 WIB

1 tahun yang lalu

logo

ketahui Penyebab Bau Mulut

Kronik.id – Bau mulut ,merupakan hal yang amat menjengkelkan yang dapat menurunkan rasa percaya diri serta membuat anda dijahui  oleh orang disekitar anda.

Permasalahan ini tentu tak boleh dipandang remeh, sebab bau mulut sangat mengganggu dalam berinteraksi.

Bau mulut dapat disebabkan karna kebiasaan merawat gigi dan mulut kurang tepat, serta berbagai jenis makanan yang kita makan juga berpengaruh terhadap bau mut.

Selain itu gaya hidup yang tidak sehat juga menjadi bagian penyebab bau mulut. 

Sisa – sisa makanan yang tertinggal di celah gigi dpat meningkatkan pertumbuhan bakteri di rongga mulut , inikah yang menyebabkan terjadinya bau mulut.

Sisa makanan yang terdapat di celah gigi dalam jangka panjang dapat menjadi plak yang menimbulkan terbentuknya karang gigi.

Beikut kronik merangkum kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan bau mulut.

  • Kurangnya menjaga kebersihan mulut

 Seperti yang sudah disampaikan di atas, kebersihan mulut yang kurang terjaga sangat mudah menjadikan mulut berbau tidak sedap. Ketika kondisi mulut dikotori oleh sisa-sisa makanan, akan terbentuk lapisan transparan yang disebut plak yang merupakan tempat bakteri berkembang.

 
Untuk mencegah hal ini, sikatlah gigi secara teratur setelah makan. Jangan lupa untuk juga menyikat lidah demi mengendalikan bau mulut. Lalu, gunakan dental floss untuk membersihkan sisa-sisa makanan di sela-sela gigi yang tidak terjangkau oleh sikat gigi, sebagai bagian dari upaya menjaga kesehatan mulut.

Periksakan juga gigi secara teratur kepada dokter gigi untuk meminimalkan risiko serangan penyakit mulut. Dokter mungkin akan menyarankan untuk berkumur dengan obat kumur yang ampuh membunuh bakteri akibat penumpukan plak.

  • Kebiasaan merokok

Rokok merupakan penyebab lain dari timbulnya bau mulut. Kebiasaan merokok tidak hanya merusak paru-paru, tetapi juga menciptakan noda pada gigi dan iritasi gusi. Selanjutnya, keadaan ini dapat berkembang menjadi sakit gigi dan radang gusi. Kedua faktor inilah yang menyebabkan terjadinya bau mulut.

  • Diet yang ektsream

Diet dengan cara mengurangi karbohidrat juga dapat menjadi penyebab bau mulut. Ketika sedang kekurangan karbohidrat, secara alami tubuh akan memecah lemak. Lalu terbentuklah bahan kimia yang disebut keton. Zat inilah yang dapat menyebabkan bau mulut.

  • Konsumsi makanan beraroma pekat

Beberapa makanan dengan bumbu rempah beraroma tajam biasa meninggalkan bau tidak sedap pada mulut. Begitu juga dengan konsumsi kopi dan minuman beralkohol. Agar terhindar dari bau mulut, hindari mengonsumsi makanan dan minuman tersebut.

  • Konsumsi Obat Obatan

Obat-obatan yang sedang kita konsumsi juga dapat menyebabkan bau mulut, seperti obat penenang, obat kemoterapi, dan obat-obatan penghilang nyeri dada. Ini akibat berkurangnya pasokan darah menuju jantung. Kendati dmikian, di antara penyebab-penyebab di atas, bau mulut banyak terjadi karena kurangnya kebersihan mulut. Masalahnya, selama ini banyak orang mengira bahwa menyikat gigi sudah cukup untuk membersihkan gigi sekaligus mencegah bau mulut.

  • Tanda Adanya Penyakit

Ketika sedang mengalami mulut kering yang berarti kurangnya air liur, bakteri menjadi lebih mudah berkembang dan akhirnya memunculkan bau mulut. Kondisi pencernaan yang kurang sehat pun dapat menyebabkan bau mulut. Contohnya adalah infeksi bakteri pada lambung dan usus kecil. Penyakit lainnya yang juga berpotensi menciptakan bau mulut adalah diabetes, bronkitis, sinusitis, penyakit paru-paru, tonsillitis, dan sinusitis. 


Nah itu dia beberapa kebiasaan buruk secara dasar penyebab bau mulut,bau mulut merupakan hal yang sangat menjengkelkan namun tak jarang dari kita sering tidak menyadari bahwa mulut kita mengeluarkan aroma tak sedap.

Jika memang anda memiliki permasalahan dengan bau mulut, semoga informasi diatas bermaanfaat.

Namun jika anda sudah melakukan gaya hudupo sehat, namun anda masih mengalamani permasalahan bau mulut,segerah berkionsuktasi dengah Dokter agar dapat menemukan akar permasalahannya dan bisa segera diatasi

Editor : kronik 1

Artikel ini telah dibaca 426 kali

Baca Lainnya