Hukum Peristiwa Politik

Kamis, 24 Januari 2019 - 20:36 WIB

2 tahun yang lalu

logo

Ratusan Tabloid Berunsur Sara Beredar di Cianjur

CIANJUR – Menjelang Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019, ratusan tabloid berbau sara atau menjatuhkan salah satu paslon beredar bebas di hampir seluruh Kecamatan di Kabupaten Cianjur.


Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Cianjur Hadi Dzikri Nur mengatakan temuan Tabloid Indonesia Barokah tersebut ditemukan beredar di beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Cianjur.


“Tabloid indonesia berkah ditemukan di 13 kecamatan diantaranya di Kecamatan Cibeber, Tanggeung, Campaka, Cianjur, Sukanagara, Mande, Bojongpicung, Warungkondang, Cilaku, Cidaun, Cibinong, Sindangbarann, dan Gekbrong,”kata Hadi (23/1).


Menurutnya, terkait penemuan tabloid Indonesia Barokah tersebut masi dikaji oleh Bawaslu, Provinsi Jawa Barat melalui gugus tugas yang terdiri dari Dewan pers, Bawaslu dan Gakumdu.


“Kamu telah menerima bukti bukti, dan ini masih dikaji,”katanya.
Ketua PWI terpilih perwakilan Kabupaten Cianjur M Iksan mengatakan bahwa pihaknya belum bisa memastikan setatus Tabloid Indonesia Barokah tersebut, pasalnya sesuai dengan edaran dewan pers, bahwa jika mendirikan sebuah media cetak setatusnya harus sudah PT.


“Kalau setatus medianya belum bisa dipastikan, namun yang pasti konten beritanya tidak sesuai kode etik jurnalis, karena pada konten berita tersebut tidak berimbang dan ada salahsatu pihak yang disudutkan,”katanya.


Sementara itu Sekretaris Tim Kemenagan Indonesia Menang Kabupaten Cianjur Prasetyo memgatakan, berdasarkan laporan dari tiap PAC yang tersebar di setiap kecamatan, konten berita yang ditulis pada tabloid Indonesia Barokah itu sangat menyudutkan Capres dan Cawapres nomor urut 2.


“Kejadian ini sudah kami laporkan ke atasan kami, dan terkait beredarnya Tabloid Indonesia Barokah yang konten beritanya menyudutkan Capres dan Cawapres no urut 2 tentu kita akan melakukan tindakan hukum,”katanya(zat)

Artikel ini telah dibaca 432 kali

Baca Lainnya