News Jelajah Nasional

Jumat, 26 April 2019 - 08:17 WIB

1 tahun yang lalu

logo

Inacraft di Jakarta, Kalbar buka 14 stan kerajinan tangan unggulan

JAKARTA_Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat kembali mengikuti Internasional Handcraft Trade Fair (Inacraft) ke 21 Tahun 2019 di Jakarta Covention Center, pada 24-28 April 2019. Pagelaran kali ini dibuka langsung oleh presiden RI Joko Widodo.

“Setiap saya datang ke inacraft saya lihat bahwa pencapaian ini naik kelas dari tahun ke tahun, produknya juga semakin baik dan memang itu yang kita targetkan,”ujar Jokowi (23/9)

Dalam kegiatan Inacraft kali ini mengambil tema From Smart Village To Global Market dan
mengangkat icon seni budaya daerah DKI Jakarta (iconic monumen nasional sebagai simbol capital city)

Presiden RI ini juga mengatakan jika jumlah pencapaian keberhasilan Indonesia mencapai 700 ribu unit usaha, yang dapat menyerap 1,3 juta tenaga kerja dan eksportnya juga terus meningkat 1,26% dari total pasar-pasar di Dunia.

Ketua dekranasda provinsi kalimantan barat Lismaryani Sutarmidji menuturkan Pemerintah Provinsi Kalbar membuka 14 stan dengan berbagai macam produk kerajinan tangan unggulan Dari 14 kab/kota di kalbar yg ikut serta sebanyak 12 kab/kota.

“kita dari provinsi ingin memajukan pengrajin dari Kalbar, dan Pengrajin dari Kalbar sangat kreatif, “Kata Istri orang nomor satu di Kalbar.

Lebih lanjut Lismaryani mengatakan sempat melakukan kunjungan ke kantor google, dan mendapatkan tanggapan yang sangat luar biasa dari pihak google.
” rencananga pihak Google akan melatih pengrajin-pengrajin kita yg ada di kalbar tanpa biaya, ” ujarnya

Kemudian Lismaryani menambahkan di kalbar sudah ada banyak kemajuan terlihat dari banyaknya barang barang yang di pamerkan. seperti dari Singkawang membuat gelas dari kulit bawang dan Kapuas hulu membuat songket tenun Iban.

Untuk mendukung pemasaran atau penjualan hasil kerajinan dari Kalbar, Lismaryani mengatakan akan membentuk ASEPHI Di Kalbar. “kemarin kita diundang ASEPHI pusat untuk membentuk kembali ASEPHI kalbar karena ASEPHI tahun lalu sudah d bekukan,”Tandasnya.(K2)

Artikel ini telah dibaca 526 kali

Baca Lainnya