Strategi Marketing yang Efektif untuk Bisnis Barbershop di Era Digital

Strategi Marketing yang Efektif untuk Bisnis Barbershop di Era Digital
Barbershop adalah salah satu bisnis yang selalu dibutuhkan oleh masyarakat.

Namun, dengan banyaknya pesaing yang ada di pasar, menjalankan bisnis barbershop tidaklah mudah.

Salah satu cara untuk meningkatkan popularitas dan menarik pelanggan baru adalah dengan mengoptimalkan strategi marketing.

Era digital merupakan waktu yang tepat untuk memasuki pasar online.

Dengan banyaknya orang yang menggunakan internet dan media sosial setiap hari, mempromosikan bisnis di era digital menjadi lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan metode tradisional seperti pamflet atau brosur.

Strategi Marketing Efektif untuk Bisnis Barbershop di Era Digital


Gunakan media sosial untuk mempromosikan barbershop


Media sosial seperti Instagram dan Facebook merupakan platform yang efektif untuk mempromosikan bisnis.

Anda dapat mengupload foto-foto terbaru tentang layanan yang ditawarkan, termasuk potongan rambut terbaru, model gaya rambut, dan sebagainya.

Jangan lupa untuk menambahkan hashtag dan tag lokasi agar lebih mudah ditemukan oleh orang yang mencari layanan seperti yang Anda tawarkan.

Contoh akun media sosial yang sukses dalam mempromosikan bisnis barbershop adalah @mr.brothers_cutclub di Instagram.

Akun ini menampilkan foto-foto potongan rambut yang keren dan menarik, serta menggunakan hashtag yang populer seperti #barberlife dan #barbershop.

Buat program loyalty / poin untuk pelanggan setia


Program loyalty atau poin merupakan cara yang efektif untuk mempertahankan pelanggan setia dan menarik pelanggan baru.

Anda dapat mengimplementasikan sistem poin yang dapat ditukarkan dengan layanan gratis atau diskon untuk pelanggan yang sering datang ke barbershop Anda.

Contoh program loyalty atau poin yang sukses kami terapkan adalah program poin member.

Kronik Barbershop membuat program member dimana pelanggan setia kami membeli kartu member Rp50 ribu, top up saldo sebesar Rp300 ribu dan mendapat 10 poin cukur.

Pelanggan kami dapat menukarkannya dengan layanan potong dengan harga diskon khusus member (1 poin = 1x cukur).

Program member ini berlaku seumur hidup dan sisa saldo dapat ditarik kembali oleh pelanggan setia kami.

Tawarkan layanan tambahan seperti keriting / cat rambut


Menawarkan layanan tambahan seperti layanan keriting rambut / hair perming merupakan strategi marketing yang efektif karena akan menarik pelanggan yang ingin merombak total model rambutnya.

Anda dapat menawarkan / mempromosikan layanan tambahan tersebut secara online melalui website atau akun media sosial bisnis Anda.

Contoh bisnis barbershop yang sukses menawarkan layanan tambahan adalah Kronik Barbershop.

Sejak menawarkan layanan tambahan keriting rambut pria dan layanan hair coloring / highlight, kami dapat mendongkrak omset bisnis barbershop dan meningkatkan pendapatan kapster.

Gunakan flyer / brosur untuk mempromosikan barbershop


Meskipun era digital, flyers atau brosur masih merupakan cara yang efektif untuk mempromosikan bisnis.

Anda dapat menyebarkan flyers atau brosur di lingkungan sekitar atau menyimpannya di tempat-tempat yang sering dikunjungi oleh orang-orang, seperti toko kelontong atau kantor pos.

Pastikan untuk mencantumkan informasi yang lengkap tentang layanan yang ditawarkan, termasuk harga dan jam operasional.

Contoh marketing offline yang sukses kami gunakan adalah brosur / flyer berbentuk kartu diskon 25-50% yang hanya berlaku 1x pemakaian.

Kartu diskon yang berukuran kartu nama ini kami sebarkan di sekitar lokasi barbershop untuk menarik pelanggan yang belum pernah mencoba layanan potong rambut kami.

Tawarkan diskon spesial untuk pelanggan baru


Menawarkan diskon / penawaran spesial merupakan strategi marketing yang efektif untuk menarik pelanggan baru atau pelanggan yang tidak pernah datang ke barbershop Anda sebelumnya.

Anda dapat menawarkan diskon / penawaran spesial tersebut secara online melalui website atau akun media sosial bisnis Anda.

Contoh bisnis barbershop yang sukses menawarkan diskon atau penawaran spesial adalah Captain Barbershop.

Bisnis ini menawarkan "bayar suka-suka" untuk pelanggan pertama yang datang ke barbershop mereka.

Ajak artis / selebriti untuk mempromosikan barbershop


Mengajak artis atau selebriti untuk mempromosikan bisnis barbershop di media sosial merupakan strategi marketing yang efektif karena akan menarik perhatian banyak orang dan meningkatkan popularitas bisnis Anda.

Anda dapat mengajak artis atau selebriti tersebut dengan cara mengirimkan tawaran kerjasama melalui email atau menghubungi agensi yang menangani artis atau selebriti tersebut.

Contoh bisnis barbershop yang sukses mengajak artis atau selebriti untuk mempromosikan bisnisnya adalah Hairnerds Studio.

Bisnis ini mengajak artis terkenal seperti Adipati Dolken untuk datang ke barbershop mereka dan mempromosikan bisnis tersebut di media sosial.

Kesimpulan


Untuk mempromosikan bisnis barbershop di era digital, Anda dapat mencoba strategi marketing seperti:
  • menggunakan media sosial
  • membuat program loyalty atau poin
  • menawarkan layanan tambahan
  • menggunakan flyers atau brosur
  • menawarkan diskon atau penawaran spesial
  • mengajak artis atau selebriti untuk mempromosikan bisnis Anda.

Dengan mengoptimalkan strategi marketing ini, bisnis barbershop Anda akan semakin dikenal dan menarik pelanggan baru.

Salam Profit

Bukit Sorrento
Chief Everything Officer
KRONIK Haircare • Salon • Barbershop

Penulis: Tim KRONIK


Kami adalah UKM yang fokus pada perawatan rambut dan gaya hidup ramah lingkungan. Visi Misi🡭

KRONIK berkomitmen pada keberlanjutan dan menawarkan solusi untuk generasi saat ini dan masa depan.